Kata branding berasal dari kata brand yang dalam bahasa Indonesia berarti merek, sedangkan pengertian branding adalah berbagai macam kegiatan komunikasi yang dilakukan oleh sebuah perusahaan dengan tujuan untuk membangun dan membesarkan sebuah merek agar lebih dikenal masyarakat.
Table of Contents
1
Unsur-Unsur Branding
2
Jenis-Jenis Branding
2.1
a. Product Branding
2.2
b. Personal Branding
2.3
c. Corporate Branding
2.4
d. Geographic Branding
2.5
e. Cultural Branding
3
Fungsi & Tujuan Branding Pada Perkembangan Bisnis
3.1
a. Sebagai Pembeda
3.2
b. Promosi & Daya Tarik
3.3
c. Membangun Citra, Keyakinan, Jaminan Kualitas, dan Prestise
3.4
d. Pengendali Pasar
4
Tips Menghitung Anggaran Branding
Unsur-Unsur Branding
Unsur-unsur branding diantaranya adalah:
a. Nama merek atau brand.
b. Logo (logo type, monogram, bendera).
c. Tampilan visual (desain produk, desain kemasan, desain seragam, dan lain sebagainya).
d. Juru bicara (co-founder, maskot, tokoh perusahaan, orang terkenal).
e. Suara (lagu tematik, icon bunyi/ nada).
f. Kata-kata (slogan, tagline, jingle, akronim).
Jenis-Jenis Branding
a. Product Branding
Bertujuan untuk mendorong konsumen agar lebih memilih produk yang di-branding sedemikian rupa daripada produk yang lain.
b. Personal Branding
Personal branding merupakan alat pemasaran yang digunakan untuk mengangkat nama seorang publik figur, misalnya politisi, musisi, selebriti, dan lain sebagainya. Dengan begitu publik figur tersebut menerima citra yang diinginkan di mata masyarakat.
c. Corporate Branding
Tujuan corporate branding adalah untuk meningkatkan reputasi sebuah perusahaan di sebuah pasar tertentu. Meliputi semua aspek perusahaan tersebut mulai dari produk/jasa yang ditawarkan hingga kontribusi karyawan mereka terhadap masyarakat.
d. Geographic Branding
Bertujuan untuk memunculkan gambaran dari sebuah produk atau jasa ketika nama lokasi tersebut disebutkan oleh seseorang.
e. Cultural Branding
Bertujuan untuk mengembangkan reputasi mengenai lingkungan dan orang-orang dari lokasi tertentu atau kebangsaan.
Fungsi & Tujuan Branding Pada Perkembangan Bisnis
Setidaknya terdapat 4 fungsi dari branding, diantaranya adalah:
a. Sebagai Pembeda
Produk yang sudah memiliki brand kuat akan mudah dibedakan dengan brand merek lain.
b. Promosi & Daya Tarik
Produk yang punya brand kuat menjadi daya tarik konsumen dan akan lebih mudah dipromosikan kepada masyarakat luas.
c. Membangun Citra, Keyakinan, Jaminan Kualitas, dan Prestise
Fungsi branding adalah Untuk membentuk citra sebuarh merek sehingga membuat sebuah produk mudah diingat oleh orang lain.
d. Pengendali Pasar
Brand yang kuat akan lebih mudah mengendalikan pasar karena masyarakat telah mengenal, percaya, dan mengingat brand,
Tips Menghitung Anggaran Branding
Cara yang paling umum digunakan untuk menghitung anggaran promosi adalah dengan menetapkan angka persentase dari nilai penjualan. Nilai persentase ini bervariasi. Untuk usaha kecil dapat dianggarkan biaya branding sebesar 5% dari perkiraan hasil penjualan. Misalnya jika perkiraan nilai penjualan tahun ini adalah Rp300 juta, maka dana yang perlu dialokasikan untuk biaya branding adalah sebesar 5% atau sebesar Rp15 juta.
Modifikasi akan sangat tergantung dari beberapa faktor spesifik pada bisnis kita, misalnya berapa lama bisnis telah berjalan, jenis produk atau jasa yang ditawarkan, seberapa jauh lokasi usaha berada, serta tipe konsumen yang dituju. Mungkin perlu dialokasikan lebih banyak anggaran promosi untuk bisnis baru yang menjual produk inovasi. Untuk bisnis yang sudah mapan, dengan jaringan distribusi yang lebih baik dan tingkat kompetisi rendah, maka anggaran untuk menjalani branding dapat dibuat lebih kecil.
Perlu diingat bahwa semua kegiatan branding hendaknya dipandang sebagai sebuah investasi bisnis, bukan sebagai kegiatan yang boros biaya. Berpromosi juga tidak hanya perlu dilakukan jika kita memiliki dana lebih. Dan investasi ini juga harus mendatangkan keuntungan. Jadi biaya branding yang dikeluarkan haruslah kembali berlipat ganda dalam bentuk nilai penjualan.Tidak ada gunanya jika kita mengeluarkan dana promosi sekecil apapun nilainya jika tidak memberikan hasil.
Jurnal software akuntansi online dengan fitur biaya, memudahkan Anda menghitung biaya branding yang dibutuhkan. Dengan estimasi penghitungan fitur biaya yang dimiliki Jurnal, Anda dapat memperoleh kemudahan dalam mengatur biaya pengeluaran bisnis hanya dalam 1 menit, kemudahan dalam melihat kategori biaya, meninjau slip biaya dan kemudahan dalam menyimpan bukti pembayaran. Dapatkan semua informasi tentang Jurnal, di sini.
Comments
Post a Comment