Cari Tahu, 3 Kebiasaan yang Bisa Menyederhanakan Masalah Keuangan Usaha

Cari Tahu, 3 Kebiasaan yang Bisa Menyederhanakan Masalah Keuangan Usaha

Mengurus keuangan usaha bagi sebagian orang adalah masalah yang berat. Namun, tahukah Anda? Jika seorang pengusaha telah terbiasa menyederhanakan beberapa hal yang berkaitan dengan masalah keuangan, maka mengurus keuangan menjadi mudah dan tidak serumit yang Anda bayangkan. Di bawah ini akan kita bahas 3 hal penting yang dapat membantu Anda menyederhanakan masalah keuangan sehingga tidak menimbulkan masalah di kemudian hari.

Table of Contents

1

Memisahkan Keuangan Pribadi & Perusahaan

2

Sisihkan Waktu Akuntansi Mingguan

3

Mendapatkan Pembayaran Tepat Waktu

Memisahkan Keuangan Pribadi & Perusahaan

Walaupun hal ini sudah banyak dibicarakan, akan tetapi tetap saja banyak pengusaha pemula yang merasa sulit memisahkan keuangan pribadi dan usaha. Ada kalanya mereka lupa membayar keperluan bisnis dengan kartu kredit pribadi. Demikian juga sebaliknya, kadang mereka membayar keperluan pribadi dengan uang usaha. Meski terlihat sepele, hal ini dapat berimbas pada pencatatan keuangan usaha. Seorang akuntan atau pemegang pembukuan akan kesulitan untuk mengelompokkan pencatatan biaya jika tidak ada pemisahan antara keuangan pribadi dan usaha. Selain itu, menggabungkan keuangan pribadi dan usaha juga berisiko membuat keuntungan atau modal usaha berkurang.

Sisihkan Waktu Akuntansi Mingguan

Beberapa owner usaha kecil sangat disiplin dalam mengurus bisnisnya setiap hari. Mereka menjalani email selama satu jam setiap pagi, menjalani riset bisnis baru pada hari Jumat sore. Mereka menjalani manajemen persediaan pada awal dan akhir minggu dan memperbarui situs web mereka pada hari Rabu. Akuntansi juga membutuhkan keteraturan yang sama. Cobalah sisihkan waktu selama 60 menit seminggu untuk memeriksa pembukuan usaha. Lihatlah apakah semua pencatatan sudah pada tempatnya. Diskusikan segera mungkin jika ada kekeliruan atau kejanggalan dalam pelaporan keuangannya. Meneliti pembukuan atau akuntansi Anda setiap minggu, akan memudahkan Anda untuk menyusun laporan bulanan juga akhir tahun tanpa takut menyisakan kecemasan karena banyaknya pencatatan yang tidak sesuai pada tempatnya. Di samping itu, meneliti kesalahan kecil akan lebih mudah ketimbang harus mengoreksi kesalahan besar yang diakibatkan ketidaktelitian yang menumpuk dalam pembukuan.

Mendapatkan Pembayaran Tepat Waktu

Dalam sebuah bisnis, hal terpenting dari sebuah transaksi adalah memperoleh pembayaran. Pembayaran adalah bahan bakar yang akan membuat perusahaan tetap berjalan, membuat arus kas masuk menjadi bertambah, sehingga memungkinkan Anda menjalani apa yang ingin Anda lakukan sesuai merekrut karyawan baru, memulai bisnis baru, memperluas usaha, menambah cabang, mulai berjualan online, dan lain sebagainya. Mengirimkan faktur atau invoice yang akurat dan profesional adalah langkah pertama untuk memperoleh bayaran atas produk atau layanan Anda. Ingatlah untuk mengirim faktur tepat setelah selesai pengiriman barang. Jangan menunggu sampai Anda berpikir pelanggan atau klien sudah siap untuk menjalani pembayaran. Semakin cepat Anda mengeluarkan faktur, semakin cepat Anda akan dibayar.

Ketiga hal di atas jika dapat Anda terapkan secara teratur dengan bantuan software akuntansi online, tentu akan membuat kesulitan pekerjaan akuntansi usaha menjadi jauh berkurang. Karena itu, setiap usaha, penting memiliki software akuntansi yang baik sesuai Jurnal.

Jurnal yang telah tersertifikasi ISO/IEC 27001, membuktikan bahwa layanan Jurnal sangat tepercaya dan memiliki tingkat keamanan yang baik. Dapatkan informasi lebih lengkap tentang Jurnal di sini, dan nikmati kemudahan menyusun laporan keuangan bisnis Anda dengan cepat.

Comments