Waduh! 4 Cara Pengusaha Mengelola Waktu dengan Baik

Waduh! 4 Cara Pengusaha Mengelola Waktu dengan Baik

Waktu adalah uang. Banyak pengusaha yang merasa kesulitan dalam mengelola waktunya. Seberapa banyak waktu yang ada, bagi mereka pasti akan tetap kurang. Hal ini terjadi karena mereka memiliki banyak kegiatan atau pekerjaan yang harus mereka selesaikan. Untuk memaksimalkan produktivitas dan hingga target, berikut adalah beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengelola waktu dengan baik.

Table of Contents

1

Tetapkan Rutinitas Pagi

2

Kerjakan yang Paling Sulit & Penting

3

Buat Jadwal yang Realistis

4

Keluar Sebentar Agar Lebih Fokus

Tetapkan Rutinitas Pagi

Rutinitas adalah hal penting yang baik dimulai saat Anda baru bangun dari tidur. Pengusaha sukses biasanya memiliki rutinitas pagi yang dilakukan secara konsisten. Misalnya menjalani olahraga, meditasi, menulis, membaca, memasak, berjalan di komplek, dan lain sebagainya. Untuk memiliki rutinitas pagi, pastikan Anda bangun lebih awal dan konsisten menjalani kegiatan yang sama setiap pagi.

Kerjakan yang Paling Sulit & Penting

Banyak orang yang memilih untuk mengerjakan suatu hal yang dirasa lebih mudah. Sedangkan kebanyakan orang sukses akan lebih memilih mengerjakan suatu hal yang dirasa paling sulit dan mendesak. Dengan begitu, Anda dapat mengerjakan pekerjaan sulit dengan pikiran yang masih fresh. Jadi, cobalah buat daftar prioritas setiap harinya dan mulai pekerjaan dari hal yang paling penting dan sulit.

Buat Jadwal yang Realistis

Banyak orang sukses sadar bahwa kejenuhan adalah hal yang nyata dan tidak dapat terhindari. Karena itu, banyak dari mereka membuat sebagian besar hari-hari mereka dengan banyak jadwal. Terkadang mereka harus pergi dari satu tempat ke tempat lainnya dan berpindah dari tugas A ke janji lainnya. Hal ini tentu tidak baik dilakukan terus menerus, karena dapat membuat Anda tidak fokus, sehingga menghambat tingkat produktivitas Anda. Cobalah menjadi lebih realistis mengenai tujuan yang dapat Anda capai dalam satu hari dan kurangi berkomitmen lebih untuk berbagai hal di hari yang sama.

Keluar Sebentar Agar Lebih Fokus

Stres adalah salah satu hal yang dapat menurunkan waktu produktivitas Anda. Selain menyebabkan kesehatan menjadi buruk, stres juga dapat membuat Anda kehilangan kontrol atas kemampuan konsentrasi. Hal ini tentu dapat merugikan diri Anda sekaligus bisnis. Jika hal ini terjadi, cobalah untuk jalan keluar sebentar sekedar untuk menghirup udara segar atau olahraga kecil. Dengan begitu, Anda dapat fokus kembali, bahkan dapat memperoleh perspektif baru yang mungkin dapat menjadi solusi masalah Anda.

Itulah empat cara pengusaha mengelola waktunya dengan baik. Dengan mengelola waktu, pengusaha dapat lebih produktif dalam menjalankan pekerjaan dan kegiatan bisnisnya. Selain mengelola waktu, pengusaha juga harus dapat mengelola keuangannya dengan baik. Dengan mengelola waktu dan keuangan, pengusaha dapat lebih mudah dalam mengembangkan bisnisnya.

Jurnal merupakan salah satu solusi yang dapat membantu pengusaha mengelola keuangan bisnisnya. Dengan Jurnal, Anda dapat melihat kondisi keuangan perusahaan kapan dan di mana saja. Jurnal juga menyediakan data keuangan secara realtime yang dapat Anda dapatkan melalui laporan keuangan instan.

Jurnal, dengan berbagai fiturnya juga dapat membantu Anda mengelola bisnis. Misalnya fitur Stok Barang yang dapat membantu Anda melihat daftar stok hingga membuat laporan stok dengan mudah. Lihat fitur Jurnal lainnya di sini dan nikmati free trial penggunaan Jurnal dengan mendaftarkan bisnis Anda sekarang juga.

Comments