Tahukah Kamu? Ronald Ekaputra, IDEALIFE: Fokus Mengembangkan Bisnis dengan Memberikan Inovasi Produk

Tahukah Kamu? Ronald Ekaputra, IDEALIFE: Fokus Mengembangkan Bisnis dengan Memberikan Inovasi Produk

Bisnis impor adalah bisnis yang berhubungan dengan impor atau masuknya barang dagang dari suatu negara ke negara lain secara legal. Jalur bisnis impor ini biasanya meliputi seluruh transportasi dari darat, air, hingga udara. Ronald, owner bisnis IDEALIFE Home Innovation adalah salah satu pengusaha yang bergerak di bidang importir.

Table of Contents

1

Awal Perjalanan Ronald

2

Berdirinya IDEALIFE

3

Tantangan yang Dihadapi

4

Pemasaran IDEALIFE

5

Fokus dengan Product Branding

6

Jurnal Menjadikan Bisnisnya Lebih Baik

Awal Perjalanan Ronald

Ronald adalah salah satu lulusan dari Universitas di Perth, Australia dengan jurusan Accounting & Information System. Setelah lulus, Ronald memutuskan untuk bekerja sebagai seorang akuntan di Australia selama 4 tahun. Berkat kerja kerasnya, Ronald berhasil mengumpulkan uang hingga Rp250 juta yang ia jadikan modal awal untuk memulai bisnis di Indonesia.

Berdirinya IDEALIFE

Dengan modal tekad dan keberanian yang kuat, pada Tahun 2004 Ronald memulai bisnis impornya di Jakarta. Pada awalnya, Ronald hanya menjual kipas angin besi dan memasarkannya sendiri. Karena pengalamannya sebagai akuntan, Ronald juga telah menjalani pencatatan atas transaksi penjualan yang telah ia lakukan. Ronald juga termasuk orang yang senang berinteraksi dengan orang lain, ia pun sering menyebut dirinya adalah people’s person. Karena itu, memasarkan dan menjual produknya sendiri menjadi suatu kebahagiaan untuknya.

Tantangan yang Dihadapi

Ronald menganggap tugas utamanya adalah menganalisa dan menyelesaikan semua masalah dalam bisnisnya. Salah satu masalah yang juga menjadi tantangan besar Ronald sebagai owner adalah keeping up with e-commerce. Bukan hanya itu, Ronald juga merasa bahwa memasarkan suatu produk secara maksimal dengan budget minimal adalah salah satu tantangan tersendiri, hingga akhirnya ia memasarkan produknya dengan cara online marketing.

Pemasaran IDEALIFE

IDEALIFE sendiri bergerak di bidang import yang menjual berbagai perabotan rumah dari elektronik hingga non-elektronik. Ronald mengemasnya dengan baik ke dalam branding Jepang dengan konsep minimalis. Ronald memasarkan produknya melalui offline dan online store sesuai ITC, toko elektronik di pusat perbelanjaan, supermarket, website, dan juga berbagai e-commerce.

Fokus dengan Product Branding

Dalam menjalankan bisnisnya, Ronald sebagai owner IDEALIFE lebih memfokuskan dirinya untuk membuat inovasi dalam hal distribusi dan marketing. Untuk mengembangkan bisnisnya, Ronald menjalani market research, branding, hingga memikirkan cara produksi hingga distribusi produk. Selebihnya, Ronald telah memercayakan semua masalah bisnis ke karyawannya, ia hanya perlu menerima dan memonitor bisnisnya melalui laporan yang telah disiapkan oleh masing-masing departemen.

Jurnal Menjadikan Bisnisnya Lebih Baik

Karena sebelumnya ia belajar tentang akuntansi, Ronald tahu persis apa manfaat akuntansi untuk sebuah bisnis. Menurut Ronald, “Good Business with Bad Accounting, Equals to Bad Business”, semenarik apapun bisnis, tanpa laporan keuangan bisnis akan menjadi buruk. Oleh karena itu, Ronald memercayakan keuangan bisnisnya dengan Jurnal, software akuntansi berbasis cloud.

Dengan menggunakan Jurnal, Ronald dapat melihat laporan keuangan secara realtime di mana pun dan kapan pun tanpa harus menunggu staf keuangan mengirimkannya. Ronald juga telah memercayakan keuangan bisnisnya kepada Jurnal selama lebih dari 2 tahun. Dengan Jurnal, Ronald dapat lebih fokus mengembangkan bisnisnya tanpa harus khawatir akan masalah keuangan perusahaan.

Jurnal juga memudahkan karyawannya dalam membuat laporan keuangan secara instan, dengan begitu Ronald pun dapat lebih mudah melihat kondisi keuangan perusahaannya sehingga dapat membuat strategi bisnis dengan mudah dan tepat. Info lebih lanjut mengenai Jurnal dan berbagai fiturnya, klik di sini.

Comments