![Bagaimana Bisa? 5 Alasan Kenapa Bisnis Membutuhkan Social Media](https://campuspedia.id/kabar/wp-content/uploads/2020/05/bisnis.jpg)
Social media adalah sebuah media online di mana penggunanya dapat dengan mudah berpartisipasi, berbagi, membuat konten atau tulisan. Di era digital sesuai sekarang, anak kecil hingga orang dewasa pasti memiliki social media. Hal ini tentu memudahkan Anda dalam memberikan berbagai informasi untuk berbagai usia. Bukan hanya untuk berbagi informasi, social media juga telah menjadi sarana berkomunikasi dan berinteraksi secara online untuk menjalani pemasaran bisnis.
Sebagai seorang pengusaha yang baru memiliki bisnis, mencari, dan menemukan target pasar menjadi salah satu hal yang sulit. Namun kemungkinan besar dapat Anda capai dengan memanfaatkan social media. Bukan hanya itu, social media secara tidak langsung juga dapat membantu Anda mengembangkan bisnis. Berikut adalah beberapa ungkapan kenapa social media wajib Anda miliki.
Mengenal Pelanggan Lebih Dekat
Kunci sukses dalam sebuah bisnis adalah dengan mengenal pelanggannya lebih dekat. Dengan memiliki social media untuk bisnis, proses pengenalan pelanggan menjadi lebih mudah. Cobalah menggunakan tools pendukung sesuai Facebook Insight untuk mempelajari bahasa dominan yang diucapkan antara pengguna social media (usia atau jenis kelamin). Informasi ini dapat membantu dalam proses branding dan promosi kepada target yang tepat. Dalam menggunakannya, Anda juga perlu melihat tren usia pengguna masing-masing social media sebagai acuan dalam memilih channel promosi hingga pembuatan konten yang dapat menarik target.
Mendengar Keinginan Pelanggan
Feedback positif juga negatif dari konsumen adalah salah satu hal penting yang dapat meningkatkan kualitas bisnis menjadi lebih baik. Melalui social media, Anda akan dapat dengan cepat menerima feedback dari pelanggan. Biasanya mereka akan mengirimkan komentar pada sebuah postingan ataupun mengirimkan direct message secara langsung. Dengan social media, Anda juga dapat mengetahui apa yang pelanggan inginkan dan butuhkan. Social media juga dapat menjadi salah satu alat atau tool untuk mengukur tingkat kepuasan pelanggan terhadap produk atau jasa yang Anda miliki.
Merespon dengan Cepat
Setelah pelanggan memberikan respon melalui social media, sebagai perusahaan yang baik, Anda harus menanggapi semua feedback dengan baik dan cepat. Jika zaman dahulu pelanggan mengeluh melalui telepon, kini mereka akan menyampaikan keluhan melalui social media. Namun, kebanyakan perusahaan hanya memfokuskan menjawab keluhan melalui telepon dan mengabaikan keluhan melalui social media. Padahal, keluhan pada social media dapat dibaca dengan cepat oleh pelanggan yang mengikuti social media Anda. Jadi jangan pernah abaikan satu pun komentar pada social mediadan cobalah buat SOP dalam penanganan keluhan dan pertanyaan melalui social media.
Melihat Persaingan Pasar
Melalui social media, Anda dapat memperoleh berbagai informasi dari kompetitor. Dari informasi yang didapat, Anda dapat menganalisa informasi tersebut untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan kompetitor untuk meningkatkan strategi pemasaran. Cobalah perhatikan followers kompetitor dan lihat bagaimana cara mereka memasarkan produknya. Dengan bekal informasi tersebut, Anda dapat dengan mudah membuat strategi dan rencana pemasaran, hingga mengembangkan konten yang sesuai dengan target. Anda juga dapat mulai membuat promo digital dengan membagikan referal code atau membuat kegiatan social media sesuai kontes foto atau kuis untuk menarik dan meningkatkan daya saing pasar.
Meningkatkan Pengunjung Website
Semakin banyak pengunjung website, semakin besar juga peluang produk Anda dibeli. Dalam hal ini, social media dapat membantu meningkatkan pengunjung website dan berdampak positif terhadap website rangking pada halaman google. Jika Anda memiliki konten yang menarik, website Anda juga dapat memperoleh banyak traffic yang berdampak positif terhadap SEO. Jadi, untuk meningkatkan pengunjung dan traffic ke website, jangan lupa untuk memberikan link di setiap postingan social media Anda. Tapi, perlu diperhatikan juga apa konten yang akan Anda post, jangan sampai tidak sesuai dengan link yang dituju.
Itulah beberapa ungkapan kenapa Anda harus mulai memiliki social media sebagai aset perusahaan. Dengan adanya social media, pelanggan Anda dapat lebih mudah mencari dan mengetahui informasi tentang produk atau jasa yang Anda jual. Selain social media untuk menganalisa dan menarik pelanggan, Anda juga membutuhkan laporan keuangan untuk perkembangan bisnis. Jurnal adalah software akuntansi online yang membantu membuat laporan keuangan secara mudah, cepat, aman, dan nyaman. Dengan Jurnal, Anda juga dapat memonitor keuangan bisnis di mana pun dan kapan pun. Info lebih lanjut mengenai Jurnal, dapat Anda temukan di sini.
Comments
Post a Comment