Paling Baru, Solusi Efektif Pembukuan dan Akuntansi yang Simple!

Paling Baru, Solusi Efektif Pembukuan dan Akuntansi yang Simple!

Menjaga catatan keuangan, dapat didefinisikan sebagai proses identifikasi apa saja catatan yang harus disimpan, bagaimana mereka masuk dan dijaga, dan bagaimana mereka dapat digunakan secara efektif. Sebuah catatan didefinisikan sebagai informasi dasar dari dokumen keuangan perusahaan yang mencakup karyawan, persediaan, stok, atau kegiatan pelanggan. Informasi ini biasanya dicatat sebagai hasil dari transaksi atau aktivitas yang terjadi saat menjalani bisnis. Sebuah catatan yang baik adalah harus dirancang dan digunakan dengan faktor-faktor berikut:

Sederhana. Sistem catatan pembukuan harus mudah digunakan. Salah satu ungkapan utama untuk penggunaan komputer pribadi dalam menjalani bisnis sekarang ini adalah kenyataan bahwa komputer sangat mudah digunakan. Sebuah sistem pembukuan harus dirancang dengan pertimbangan untuk karyawan yang akan merekam informasi. Bentuk rumitnya hanya akan menghasilkan data yang tidak lengkap. Sebuah catatan yang baik dari sebuah sistem harus dirancang untuk mengumpulkan informasi yang sesuai dan sesederhana mungkin.

Mudah dimengerti. Kemudahan pemahaman adalah unsur penting dari sistem pencatatan pembukuan yang baik. Dari sistem itu sendiri, cara untuk merekam informasi, dan apa informasi yang tercatat, semuanya harus mudah dipahami. Kebingungan, kesalahan, dan, kesalahpahaman jelas dapat saja terjadi jika catatan yang tidak jelas dan ringkas ada di pembukuan Anda.

Keandalan. “Reliable” memiliki arti khusus dalam akuntansi. Istilah ini umumnya berarti bahwa jenis tertentu dari transaksi dicatat dengan cara yang sama setiap kali itu terjadi, sesuai dengan pedoman akuntansi. Setiap transaksi yang terjadi harus mampu dicatat dan hasilnya mampu diandalkan untuk kebutuhan perkembangan bisnis Anda.

Ketepatan. Kebutuhan untuk memelihara catatan yang akurat tampak jelas, tetapi tidak dapat terlalu ditekankan. Perawatan harus dilakukan untuk memastikan keakuratan semua catatan. Sebuah sistem pembukuan akan menekankan akurasi melalui prosedur yang dibangun secara baik untuk memeriksa dan mengecek kembali entri. Metode untuk meningkatkan akurasi mencakup dua kali memeriksa semua entri, meminta verifikasi klien/pelanggan, dan menekankan kebutuhan untuk lebih teliti kepada seluruh karyawan.

Konsistensi. Terkadang ada beberapa cara untuk merekam bagian tertentu dari informasi keuangan. Catatan persediaan, misalnya, dapat dipertahankan secara item-by-item, atas dasar bahwa item terakhir adalah pada item pertama yang dijual (Last In First Out/LIFO), atau atas dasar bahwa item pertama adalah pada item pertama yang dijual (First In First Out/FIFO). Anda dapat memilih salah satu dan menggunakannya secara konsisten, dan tidak mengubahnya secara sewenang-wenang. Ini tidak berarti bahwa Anda tidak dapat mengubah pendekatan Anda, artinya adalah perubahan hanya harus dilakukan untuk ungkapan yang baik dan dan dapat diidentifikasi secara jelas. Perlu diingat bahwa catatan yang konsisten sangat penting untuk membandingkan catatan dari waktu ke waktu.

Aktualitas. Ketepatan waktu merupakan elemen penting dalam sistem pembukuan yang baik. Alasan yang lebih jelas untuk ketepatan waktu adalah kebutuhan owner/manager untuk menerima informasi sedini mungkin dalam rangka membuat keputusan yang mempengaruhi bisnis.

Sudah saatnya bisnis Anda menerapkan cara dan teknologi terkini guna terus mengembangkan usaha Anda, kerja cerdas cara ringkas! Software akuntansi Jurnal memudahkan penyusunan laporan keuangan Anda lebih cepat, hemat waktu dan efisien, serta akses kapanpun dan di mana saja. Kembangkan bisnis Anda dengan memulai pembukuan yang benar mulai sekarang!

Jurnal memudahkan penyusunan laporan keuangan pebisnis lebih cepat, hemat waktu, biaya makin efisien, akses kapan pun di mana saja. Dengan beragam fitur yang diberikan, sesuai:

Invoice & PO, buat Faktur Penjualan, Pesanan Pembelian, dan Surat Jalan profesional secara otomatis.

Laporan Cepat & Tepat, susun laporan finansial dan aktivitas bisnis secara real-time dengan 1-klik.

Kontrol Stok Persediaan, monitor stok serta lakukan stok opname untuk laporan tepat.

Kolaborasi Real-time, tambah pengguna lainnya untuk performa kerja multi-tasking.

5.Online Live Chat Tiap Saat, hubungi kami kapan saja, tim support kami siap membantu pebisnis!

Comments