Oops, Pembukuan dan Akuntansi Simple Untuk Start Up

Oops, Pembukuan dan Akuntansi Simple Untuk Start Up

Kemungkinan pengelolaan pembukuan yang kurang maksimal sudah sangat cukup untuk membuat takut banyak orang yang ingin memulai bisnis mereka. Namun dengan sistem yang tepat, mengurus catatan keuangan yang sederhana tidak harus menjadi hal yang sulit. Itu hanya tentang merinci pendapatan dan pengeluaran usaha dari awal dan menjaga catatan agar akurat secara berkala.

Table of Contents

1

Pembukuan Sederhana

2

Sistem Pembukuan Elektronik

3

Menjalankannya sendiri atau menggunakan seorang akuntan?

Pembukuan Sederhana

Yang Anda butuhkan untuk menjalankan pembukuan secara mendasar adalah:

Buku kas untuk mencatat uang masuk dan keluar;

Buku besar penjualan untuk merinci uang yang diterima dan jumlah hutang;

Buku besar pembelian untuk melacak pengeluaran;

Dan sebuah buku upah, yang memberikan rincian pembayaran gaji dan asuransi.

Sebagai sebuah start up, Anda mungkin memutuskan bahwa menggunakan sumber daya untuk menemukan bookkeeper dan akuntan yang sesuai untuk menyimpan catatan keuangan Anda adalah pilihan yang lebih baik - terutama jika Anda tidak merasa cukup percaya diri untuk mengatasinya sendiri. Seorang bookkeeper atau akuntan yang baik dapat memastikan Anda menyimpan catatan keuangan yang tepat, terus memonitor keadaan finansial Anda serta membantu membangun dan mengembangkan bisnis Anda. Mereka juga dapat membantu Anda bahkan untuk menghindari kesalahan yang berpotensi sangat mahal dan merugikan bisnis Anda!

Jika Anda memutuskan untuk menjalani pembukuan sendiri, Anda akan perlu:

Menyimpan tanda terima dalam penerimaan pembelian tunai dan faktur untuk semua pengeluaran bisnis sesuai tagihan listrik, laporan bank dan kartu kredit;

Mengurus catatan gaji (jika Anda mempekerjakan orang);

Dan menyimpan catatan PPN (jika Anda terdaftar).

Anda dapat menyimpan ‘pembukuan’ ini dalam bentuk catatan kertas atau spreadsheet dalam komputer. Tetapi kebanyakan bisnis sekarang lebih memilih untuk menggunakan software pembukuan sederhana untuk melacak pendapatan dan pengeluaran. Disisi lain, Anda harus menyiapkan rekening bank yang hanya khusus untuk bisnis. Hindari menggunakan akun pribadi Anda untuk menerima pembayaran atau membeli sesuatu untuk bisnis Anda.

Sistem Pembukuan Elektronik

Software akuntansi memiliki harga yang variatif, berkisar dari puluhan hingga ratusan ribu rupiah perbulan (tergantung kebutuhan pebisnis). Anda bahkan dapat membuatnya dengan sebuah lembar sederhana dalam perangkat spreadsheet populer, sesuai Microsoft Excel.

Kesadaran akan pentingya akuntansi dalam bisnis serta didukung oleh berkembangnya kemajuan teknologi digital melahirkan proses akuntansi khusus yang mutakhir dan mudah digunakan, bahkan bagi mereka yang terbatas pengetahuannya terkait akuntansi. Beberapa manfaat yang ditawarkan:

Kesalahan dapat diperbaiki dengan cepat (yang lebih rumit bila menggunakan sistem manual),

Mendapatkan gambaran arus kas Anda semudah klik mouse,

Laporan keuangan juga dapat diperoleh dengan satu sentuhan tombol. Anda juga dapat melihat pola penjualan dan biaya, yang dapat membantu dalam penganggaran dan pengambilan keputusan bisnis.

Menjalankannya sendiri atau menggunakan seorang akuntan?

Mempekerjakan secara penuh seorang bookkeeper ataupun akuntan tidak layak bagi banyak start up. Kadang-kadang peran tersebut dikombinasikan dengan tugas lain sesuai administrasi dan manajemen Sumber Daya Manusia (SDM). Anda mungkin dapat menggunakan seorang paruh waktu atau mungkin outsourcing seorang akuntan. Harus ‘menjalani pembukuan’ setelah jam atau pada akhir pekan adalah risiko pekerjaan bagi banyak owner start up. Hal ini dapat menjadi hal terakhir yang Anda lakukan setelah hari kerja yang panjang, sibuk, dan melelahkan. Tetapi hal ini dapat diminimalisir, bahkan dihindari dengan pemanfaatan teknologi dalam pembukuan dan proses akuntansi secara online!

Selain itu, fleksibilitas Jurnal dalam pengelolaan akuntansi dan pembukuan secara online memberikan Anda kebebasan untuk menjalankan bisnis dari tempat kerja, rumah , atau di mana saja. Dengan software akuntansi cloud, Anda memiliki pilihan untuk menjalankan bisnis Anda dari jarak jauh, dari mana saja di dunia . Anda akan memiliki gambaran yang up - to-date tentang bagaimana bisnis Anda berjalan, tidak peduli di mana Anda berada.

Comments