Duh! Cara Simple Pembukuan dan Akuntansi untuk Bisnis Jasa

Duh! Cara Simple Pembukuan dan Akuntansi untuk Bisnis Jasa

Pada umumnya, sebuah perusahaan berbasis jasa menggunakan karyawannya untuk memberikan layanan bagi pelanggan. Layanan ini dapat mencakup perawatan kebun di halaman rumah, pembersih perabotan rumah atau sekedar kurir barang. Beberapa perusahaan layanan membeli peralatan mahal untuk menyediakan layanan, sesuai kendaraan. Perusahaan jasa lainnya mengandalkan tenaga manusia lebih dari peralatan dan hanya membeli aset yang minimal/terbatas.

Karena perusahaan jasa tidak benar-benar menjual produk, mereka tidak biasanya menyimpan persediaan (inventory) pada neraca mereka karena mereka tidak memiliki apapun. Akuntansi untuk perusahaan jasa lebih sederhana dari pengecer (retailer) karena tidak ada persediaan yang harus dilacak atau tidak ada beban pokok penjualan yang harus dihitung.

Sebaliknya, pencatatan transaksi pendapatan lebih difokuskan untuk merekam pendapatan pada uang yang diterima atau pendapatan yang diperoleh. Ketika seorang pengacara menagih kliennnya untuk layanan yang diberikan, ia akan mencatat penjualan tersebut, direkap sebagai debit untuk piutang (account receivable) dan kredit untuk pendapatan jasa (service income). Setelah klien membayar tagihan itu, pengacara akan mendebit uang (cash) dan kredit rekening piutang (account receivable).

Table of Contents

1

Software yang Tepat untuk Bisnis Jasa

2

Apa Selanjutnya?

Software yang Tepat untuk Bisnis Jasa

Kenyataannya, sistem akuntansi yang digunakan perusahaan jasa untuk operasi yang digunakan adalah berbeda dari sistem akuntansi yang digunakan untuk perusahaan barang. Banyak bisnis layanan komersial menggunakan work order management untuk mengelola jadwal teknisi dan staf lainnya. Hal ini dioptimalkan untuk melacak kinerja karyawan perusahaan sangat diperlukan untuk perusahaan jasa.

Anda membutuhkan perangkat pembukuan dan akuntansi yang dirancang untuk penyedia jasa juga menawarkan berbagai sistem pendukung manajemen keuangan. Fitur akuntansi mencakup kemampuan untuk mencetak cek, membayar tagihan, melacak pengeluaran, mengelola gaji, membuat pesanan dan faktur, mengelola piutang, membuat anggaran, menjalani rekonsiliasi bank, dan membuat laporan keuangan untuk kebutuhan bisnis Anda.

Apa Selanjutnya?

Anda tidak perlu menjalani semuanya dalam satu waktu dan dapat menggunakan cara lain. Anda perlu membuat perubahan untuk mengambil keuntungan dari teknologi cloud. Hal ini dapat meningkatkan kinerja bisnis Anda dengan biaya yang rendah. Keuntungan lainnya adalah Anda dapat dengan mudah berhenti menggunakan layanan tersebut jika tidak bekerja sesuai dengan keinginan Anda, tanpa mengeluarkan banyak biaya. Saat ini adalah saat yang sangat tepat bagi UKM untuk memanfaatkan teknologi digital dalam menjalankan bisnisnya.

Salah satu penyedia layanan akuntansi cloud di Indonesia adalah Jurnal yang tersedia untuk membantu para pengusaha. Platform akuntansi Jurnal dapat membantu pengusaha untuk mengelola pembukuan dengan lebih praktis. Keuntungannya antara lain:

Menjalani bisnis kapanpun dan dimanapun

Membuat faktur penjualan,pesanan pembelian, dan surat jalan secara otomatis

Menyiapkan laporan keuangan instan hanya dengan 1-klik.

Comments